Malala Yousafzai, Wanita Termuda Peraih Nobel Perdamaian 2014

Malala Yousafzai, perempuan asal Pakistan ini menerima Nobel Perdamaian tahun 2014. Prestasi yang diraih Malala sekaligus mencatatkannya sebagai peraih Nobel Perdamaian termuda sedunia.
Malala Yousafzai punya peran yang sangat besar di negaranya. Ia dikenal sebagai orang yang gigih memperjuangkan hak pendidikan bagi kaum perempuan.

Profil Malala diangkat oleh Daily Mail, Jumat (10/10). Ditulis oleh situs tersebut bahwa Malala masih berusia 17 tahun. Bersama orang tuanya, gadis yang kini tinggal di Birmingham, Inggris ini menjelajah dunia untuk misi hak pendidikan kaum perempuan di Pakistan. Salah satu caranya adalah ia berbicara di majelis umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan forum-forum besar lainnya.
Komite Nobel Perdamaian, Thorbjorn Jagland memuji perjuangan heroik yang dilakukan Malala. Ia sangat vokal saat berbicara mengenai hak pendidikan perempuan.

Melalui perjuangan heroiknya, dia telah menjadi juru bicara terkemuka untuk anak perempuan tentang hak pendidikan mereka,” puji Jagland.

Di saat konferensi pers, seorang wartawan sempat melontarkan pertanyaan. Kenapa nobel tersebut harus diberikan kepada Malala padahal ia belum meraih prestasi besar. Jadland langsung menyanggah pertanyaan tersebut. Jawabnya:

“Bagaimana Anda bisa mengatakan hal itu?! Berkat Malala, masalah pekerja anak telah dimasukkan dalam agenda dunia.”


Malala kini menjadi orang termuda yang pernah meraih Nobel Perdamaian. Selain Malala, ada juga kandidat lain yang sebenarnya usianya lebih muda daripada Malala. Namun untuk tahun ini, Malala dianggap lebih pantas meraih Nobel Perdamaian.

Baca juga profil wanita muda cantik segudang prestasi :
Sumber : Sidomi.com

0 Response to "Malala Yousafzai, Wanita Termuda Peraih Nobel Perdamaian 2014"

Posting Komentar