Daun Gatal Penghilang Pegal Ternyata Banyak Tumbuh Di Halaman

Hari minggu kemarin iseng-iseng, cari keringat bersihin pekarangan rumah yang sudah banyak tumbuh rumput liar dan semak-semak, saya pikir gak perlu sarung tangan atau baju tangan panjang gak apa-apa. Ada satu tumbuhan yang awalnya saya gak tau apa nama nya,saya cabut aja, gak tau nya ,tangan langsung bentol-bentol kayak habis diserang puluhan nyamuk, atau mirip bentol kena ulat bulu. setelah searching di internet, ehhh baru ketahuan tumbuhan apa yang menjadi biang gatal, info lebih lanjut baca seterusnya ya...... 

Apa itu "Daun Gatal?"
Daun Gatal adalah daun dari tanaman perdu famili Urticaceaeyang terdiri atas beberapa spesies. Meskipun demikian, daun gatal yang umumnya dijual di pasar tradisional Kota Manokwari berasal dari spesies Laportea decumana. "Spesies ini juga punya nama lain atau sinonim, tergantung aturan taksonomi mana yang kita ikuti, bisa juga disebut Laportea Indica,"tutur Ir. M.J. Sadsoeitoeboen, M.Si, yang kerap disapa ibu Rita, dosen taksonomi tumbuhan jurusan Biologi UNIPA.
Ia menambahkan ada spesies lain yang tengah batang daunnya berwarna putih (Dendronicde Sp) ataupun yang kecil (Laportea interupta) walau pemanfaatannya cukup berbeda. Sepengetahuannya, pemanfaatan tradisional tanaman ini tak hanya di Manokwari, tetapi juga di Jayapura dan Maluku. Kini pemanfaatannya di Manokwari pun tak lagi milik orang asli Papua tetapi juga dimanfaatkan oleh warga non-Papua.
Daun Gatal bisa mengobati pegal-pegal??Kok bisa??
Tumbuhan famili Urticaceae umumnya memang memiliki kandungan kimiawi seperti monoridin, tryptophan, histidine, alkaloid, flavonoid, asam formiat dan authraguinones. Asam semut ini sendiri terkandung di dalam kelenjar ˜duri" pada permukaan daun. Saat ˜duri" tersebut mengenai tubuh, asam semut dalam kelenjar itu terlepaskan dan mempengaruhi terjadinya pelebaran pori “ pori tubuh. Pelebaran pori “ pori ini rupanya meransang peredaran darah. Itulah sebabnya pemanfaat daun gatal umumnya merasa pegal “ pegal mereka lenyap ataupun merasa lebih baik.

Gimana cara menggunakan Daun Gatal?
  • Untuk menghilangkan pegal-pegal di badan, Daun gatal dipakai dengan cara menggosokan daun gatal secara langsung pada bagian tubuh yang terasa pegal dan lelah.
  • Untuk menghilangkan rasa pusing dikepala, daun gatal digunakan dengan cara membungkuskan di kening si penderita hingga si penderita merasa bahwa sakit kepalanya sudah berkurang baru dilepaskan.
  • Pada suku Meyah, Daun gatal yang disebut ˜meciwi" ini dapat digunakan dalam proses persalinan sebagai obat penghilang nyeri pada ibu yang akan melahirkan. Umumnya dengan menumbuk halus daun ini dan membalurkan pada beberapa bagian tubuh. Selain itu berdasarkan penelitian Ir. M.J. Sadsoeitoeboen, M.Si, daun gatal spesies Dendronicde Sp dimanfaatkan oleh suku Hatam di Manokwari sebagai tumbuhan untuk melatih peningkatan penciuman anjing berburu
Ada berapa jenis sih "daun gatal" itu??
ada tiga jenis daun gatal berdasarkan tempat tumbuh: dataran tinggi dan dataran rendah, gatalnya pun lebih ˜menggigit" dibandingkan dengan daun gatal yang tumbuh di dataran rendah. Daun gatal yang tumbuh di dataran rendah lebih pendek dan ada yang daunnya agak kecil dan memanjang bentuk daunnya.

Hasil temuan “ temuan penelitian etnobotani dalam skripsi beberapa mahasiswa UNIPA . Misalnya, Daun gatal sebagai pereda nyeri dan penghilang pegal digunakan oleh Suku Meyah di distrik Masni, Manokwari (penelitian Johanis Paulus Kilmaskossu) dan suku Maybrat di distrik Mare, Sorong (penelitian Frengki Hara) yang menyebutnya Afa ati.

Baca juga profil wanita muda cantik segudang prestasi :
(kaskus.co.id/thread/)

0 Response to "Daun Gatal Penghilang Pegal Ternyata Banyak Tumbuh Di Halaman"

Posting Komentar