Alta Lauren Gunawan, Wanita Anggota Tim Motor Paspampres Amerika Serikat

Seorang wanita keturunan Indonesia menjadi perempuan pertama yang berhasil menjadi anggota tim motor pasukan pengamanan presiden Amerika Serikat.


Ia adalah Alta Lauren Gunawan. Ayah Gunawan adalah orang asli Indonesia sedangkan ibunya merupakan keturunan campuran beberapa etnik.
Alta Gunawan sendiri merupakan anggota terbaru dalam Dinas Rahasia dan menjadi Satuan Pendukung iring-iringan yang bertugas melindungi presiden, wakil presiden, serta pejabat tinggi asing lainnya. Lembaga tersebut terdiri dari tujuh ribu agen khusus, petugas dan para spesialis.

Sebagai bagian dari tim motor paspampres AS, Alta  Gunawan juga memiliki tugas penting untuk menghentikan lalu lintas jalanan secara spontan agar iring-iringan mobil yang membawa pejabat penting dapat lewat dengan aman.
Gunawan mengaku telah menyukai motor sejak usianya 18 tahun saat dirinya masih berkuliah.

Menjadi anggota paspampres sendiri tidaklah mudah bagi Alta Gunawan. Ia sempat bergabung dengan kelompok seleksi yang hanya memiliki kesempatan lulus sekitar 40 persen. Ia juga sempat gagal dalam seleksi pertama tersebut.
Tim motor ini berkendara 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu, 365 hari setahun, dalam segala kondisi cuaca.

Menurut dia, hal tersulit dalam pelatihan adalah ketika dirinya harus melakukan latihan perang dan mengendarai motor yang beratnya 1.100 pon.


Alta Gunawan bahkan mendapat pujian atas perilaku baiknya ketika masih mengikuti proses seleksi.

"Saya bangga menjadi panutan. Saya selalu ingin berkontribusi (bagi komunitas). Dengan mematahkan batasan ini, saya mampu menunjukkan kepada para remaja perempuan bahwa kamu bisa mencapai tujuanmu dengan kerja keras dan dedikasi," ujar Alta Gunawan.

Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20190708134504-134-410153/kisah-alta-gunawan-anggota-paspampres-as-berdarah-indonesia

0 Response to "Alta Lauren Gunawan, Wanita Anggota Tim Motor Paspampres Amerika Serikat "

Posting Komentar