Atraksi Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI-AU Manuver Kerennya Membentuk Lafadz Allah

Atraksi Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU selalu memukau para penonton. Berbagai formasi dan manuver tim akrobatik TNI AU ini memang mendebarkan namun berbentuk unik. Seperti apa saja?
Ada banyak formasi dan manuver tim Jupiter dalam setiap air show mereka. Di antaranya Jupiter roll, arrow head formation, cross over break, dan twin half cuban stall turn. Kemudian ada tango to diamond, mirror, screw roll, hearts, roll slide, solo spin, five cards loop, leader benefit roll back, dan dive bomb burst.
Jupiter cross over break merupakan manuver pertama dalam setiap penampilan JAT. Dari 6 pesawat, 4 maju ke depan, lalu dua paling ujung membelok. Satu ke arah kiri dan satu ke kanan secara bersilang.
Sedangkan screw roll adalah manuver tim Jupiter yang bergulung tak tentu arah, meski setiap aspek teknisnya sudah diperhitungkan.
Tim Jupiter pun punya manuver yang diberi nama mirror. Ini menunjukkan satu pesawat yang terbang normal, sedangkan pesawat di sebelahnya terbang terbalik (loop).
Pada setiap formasi dan manuver, pesawat-pesawat jenis KT-1 Wong Bee milik Skadik 102 itu biasanya mengeluarkan asap. Asap-asap ini menambah semarak penampilan tim Jupiter. Dengan asap ini, tim Jupiter bisa mengukir angka, biasanya dilakukan saat peringatan HUT TNI atau HUT TNI AU.

Bahkan dengan asap ini, JAT menggunakannya untuk membentuk gambar. Salah satu andalan tim Jupiter adalah membentuk lambang hati atau love yang dinamakan formasi hearts.
Di foto yang viral ini, terlihat 6 pesawat membentuk formasi. Dua di paling ujung bahkan dalam posisi miring. Asap yang dikeluarkan 6 pesawat itu ternyata membentuk lafadz 'Allah'.
Pria yang memiliki call sign 'Razor' tersebut mengaku tak ada kesengajaan dari tim Jupiter untuk membentuk lafal 'Allah' di langit. Tim Jupiter ketika itu, kata Kisha, tengah bermanuver dengan formasi Jupiter cross over break.

"Manuver seperti itu ketika diambil dari sudut lain nggak seperti itu juga. Tapi itu fotonya karena sudut yang tepat jadi kelihatan begitu," ucap Danskadik 102 itu.
JAT merupakan satu-satunya tim aerobatik yang menggunakan pesawat bermesin propeler (baling-baling). Dengan power engine yang relatif kecil, setiap manuver tim Jupiter justru tampak lebih jelas dan mudah disaksikan dibanding tim aerobatik dengan mesin jet.

 "Terima kasih saya ucapkan buat para fotografer yang memfoto kami," Kata Letkol Pnb Kisha, perwira TNI AU angkatan 1999 tersebut.

Adapun 7 anggota JAT adalah:
Jupiter-1 Letkol Pnb Kisha 'Razor' (Leader)
Jupiter-2 Mayor Pnb Idam 'Godham' Satria (Right Wingman)
Jupiter-3 Mayor Pnb Ferdian 'Corbie' Habibi (Left Wingman)
Jupiter-4 Kapten Pnb Oliv 'Cyborg' Rizando (Slot)
Jupiter-5 Letkol Pnb Marcell 'Liger' (Lead Syncro)
Jupiter-6 Letkol Pnb Frando 'Fennec' Marpaung (Syncro)
Jupiter-7 Mayor Pnb Oktavianus 'Kujang' (Narrator)

https://news.detik.com/berita/d-3490955/manuver-tim-jupiter-bentuk-hati-hingga-terbang-di-atas-merapi

0 Response to "Atraksi Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI-AU Manuver Kerennya Membentuk Lafadz Allah"

Posting Komentar