8 Jenis Sayuran Terunik dan Aneh di Dunia

Ini termasuk sayuran dengan bentuk dan warna yang aneh. Dikutip dari brightside.me, inilah jenis sayuran paling aneh dari seluruh dunia.

1. Jagung Berwarna-warni
Jagung dengan bulir berwarna-warni ini disebut Glass Gem. Varietas ini diciptakan oleh seorang petani lokal Amerika Serikat.

Pria bernama Carl Barnes mengumpulkan bibit jagung dengan warna berbeda. Tak cuma itu, dia juga menanamnya dengan cara melakukan persilangan. Hasilnya, panen jagung berwarna-warni.

Rasa jagung ini tidak berbeda jauh dengan jagung biasa, hanya teksturnya lebih keras. Karena itu jagung ini lebih cocok jika dijadikan tepung untuk bahan tortilla atau dijadikan pop corn.
2. Brokoli Romanesco
Brokoli ini disebut unik karena mempunyai bentuk berbeda dari brokoli pada umumnya. Bila diperhatikan lebih seksama, brokoli Romanesco memiliki tekstur unik nan mencolok dengan bentuk mengerucut ke atas seperti piramida. Berbeda dengan brokoli yang tunasnya tampak menyatu dan berbentuk bulat.

Brokoli ini penuh nutrisi seperti karoten, vitamin C, seng dan mengandung serat lebih sedikit daripada brokoli biasa sehingga lebih mudah dicerna.

3. Bayam Stroberi
Bayam ini memiliki variasi aneh yaitu buah beri kecil yang terlihat seperti stroberi atau raspberry. Baik daun maupun buahnya bisa dimakan.

Bayam ini memiliki kadar zat besi tinggi dan mengandung protein sebanyak susu bubuk. Tetapi, rasa buahnya hampir hambar, namun tetap bergizi.

4. Ubi Ungu
Ubi ungu adalah salah satu subspesies ubi yang berasal dari Peru dan Kolombia. Faktanya, kentang manis ungu ini memiliki gizi yang sangat tinggi.

Mengkonsumsi dua porsi kecil ubi ungu per hari bisa menurunkan tekanan darah hingga 4 persen tanpa menaikkan berat badan (BB). Tensi membaik, risiko penyakit jantung turun.

5. Kaktus Nopal
Kaktus merupakan sayuran murah meriah di daerah Amerika Latin, seperti Meksiko. Di supermarket dijual beberapa jenis kaktus yang bisa dikonsumsi.

Salah satunya Kaktus Nopal. Kaktus ini tak sekadar dapat dikonsumsi, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan kaktus disebut dengan nama superfood karena banyak bermanfaat bagi kesehatan.

6. Akar Teratai
Sama seperti ikan Fugu, akar teratai ini sangat beracun jika dimasak dengan cara tidak benar. Tetapi jika tahu cara memasaknya, Lotus Root mengandung banyak vitamin dan asam amino.

Akar lotus digunakan dalam masakan Jepang, Cina, dan Thailand.

7. Pare Unik
Sayuran ini populer di Asia, termasuk Indonesia. Rasanya yang pahit tidak membuatnya jadi sayur favorit. Padahal sebenarnya pare mengandung banyak gizi.

Agar rasa pahitnya hilang, pare harus dimasak dengan cara yang benar. Di balik rasanya yang pahit, pare mengandung zat besi, kalsium, dan potassium.

Penelitian terbaru membuktikan jus pare dapat membunuh sel kanker pankreas.
8. Kembang Kol Berwarna-warni
Kembang kol ini benar-benar terlihat seperti seikat bunga berwarna-warni. Sayuran ini bisa menghiasi meja dan berkhasiat seperti kembang kol biasa.

https://www.dream.co.id/culinary/10-jenis-sayuran-teraneh-di-dunia-170717x.html

0 Response to "8 Jenis Sayuran Terunik dan Aneh di Dunia"

Posting Komentar