Ir. Arvilla Delitriana, Perancang Konstruksi Jembatan Lengkung pada LRT Jabodebek

Insinyur Arvilla Delitriana, merupakan sosok yang membanggakan kita, sebagai orang indonesia asli, beliau berhasil menorehkan sejarah sebagai perancang Konstruksi jembatan lengkung ruas Kuningan, Jakarta Selatan, pada lintas raya terpadu (LRT) Jabodebek.

Dengan tersambungnya salah satu bagian tersulit dari konstruksi jalur LRT Jabodebek ini, proyek kereta LRT kian dekat beroperasi. LRT Jabodebek memiliki tiga lintas pelayanan: Cawang–Cibubur, Cawang–Dukuh Atas, dan Cawang–Bekasi.
Arvilla adalah lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Keberhasilan Arvilla ini mendapat pujian langsung dari Presiden Jokowi.

"Begitulah rumitnya pekerjaan jembatan bentang panjang untuk LRT Jabodebek yang melayang di atas flyover Kuningan, Jakarta Selatan ini. Untunglah, sang insinyur, berhasil merancang jembatan menakjubkan itu dan tersambung dengan presisi sejak kemarin (Rabu, 11/10)," kata Presiden Jokowi.

Merancang Beberapa Jembatan di Indonesia
Sebelum berhasil merancang jembatan lengkung LRT di ruas Kuningan, Arvilla berhasil merancang jembatan di Indonesia. Antara lain; Jembatan Kali Kuto Semarang. Kemudian Jembatan Layang khusus Busway ruas Adam Malik di Jakarta, Jembatan Pedamaran 1 dan 2 di Provinsi Riau, dan Jembatan Kereta Api Cirebon-Kriya, serta Jembatan Perawang di Provinsi Riau.
Jembatan Lengkung LRT Membentang 148 Meter
Arvilla Delitriana berhasil merancang konstruksi jembatan lengkung LRT Jabodebek yang membentang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter dan menggunakan material beton seberat 9.688,8 ton atau setara dengan lebih tiga kali berat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.
Besi yang digunakan sejumlah 2.929,7 ton atau setara dengan lebih lima kali berat pesawat Airbus A-380.

Tidak heran jika konstruksi ini mengukir dua rekor dari Museum Rekor Indonesia, yaitu sebagai jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang, dan sebagai jembatan dengan pembebanan axial static loading test terbesar.

Sumber :
https://www.merdeka.com/uang/sosok-arvilla-delitriana-insinyur-yang-bikin-jembatan-melengkung-lrt-di-jakarta.html

0 Response to "Ir. Arvilla Delitriana, Perancang Konstruksi Jembatan Lengkung pada LRT Jabodebek"

Posting Komentar