Ririn Efendi, Mahasiswa Poltek Negeri Aceh Membuat Pengendali Senapan Jarak Jauh di Tawari Masuk TNI

Ririn Efendi seorang  mahasiswa Diploma-III Program Studi Teknologi Elektronika pada Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh. Ririn berhasil membuat sebuah perangkat pengendali senapan dari jarak jauh.

Perangkat yang ririn buat ini, digunakannya sebagai tugas akhir skripsi untuk syarat kelulusan. Namun saat ini pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI), sangat menghargai hasil karya nya.
Efendi yang hobi berburu, sangat kesulitan membidik target sasaran karena gerakan dan posisi tubuh yang tidak seimbang saat membidik sasaran. Akhirnya muncul ide, kenapa tidak dibuat saja alat pengendali senapan jarak jauh seperti model remote.

Alat pengendali senapan ini adalah sebuah Micro Controller yang terintegrasi dengan teleskop senjata lalu terhubung dengan handphone berbasis Android dengan joystick Playstation wireless sebagai pengendali nya dan dapat menggerakkan senapan 180 derajat arah horisontal dan 60 derajat arah vertikal dan mampu mengendalikan gerakan senapan pada jarak maksimum hingga 1 kilometer dan jarak efektif pada 800 meter.
Efendi menceritakan dibutuhkan waktu selama tiga bulan, hingga proses uji coba di Direktorat Peralatan Angkatan Darat menggunakan 3 jenis senapan yang berbeda. Pertama senapan angin, kedua pakai M-16 dan yang ketiga pakai SS2-V4. Hasilnya memuaskan sukses.

KSAD Jenderal TNI Andhika Perkasa menawarkan Efendi untuk masuk dan bergabung bersama TNI-AD dan Ririn pun bersedia, sehingga diharapkan setelah bergabung bersama TNI, karya dan inovasi yang baru pun bisa diciptakan.

Sumber :
https://www.merdeka.com/trending/kisah-ririn-efendi-sukses-rancang-senapan-jarak-jauh-kasad-langsung-tawari-masuk-tni.html

0 Response to "Ririn Efendi, Mahasiswa Poltek Negeri Aceh Membuat Pengendali Senapan Jarak Jauh di Tawari Masuk TNI"

Posting Komentar